5 Hal ini Jadikan Galaxy Note 9 Luar Biasa

Seri Galaxy Note menjadi salah satu seri terbaik smartphone dan tablet terbaik yang pernah dirilis oleh Samsung. Samsung Galaxy Note seri pertama dirilis 6 tahun silam, tepatnya pada 29 Oktober 2011. Seperti namanya, seri Galaxy Note selalu dibekali dengan pena stylus yang difungsikan sebagai alat tulis ketika ingin membuat catatan atau melakukan aktivitas lainnya.

Nah, seri terbaru dari Note yaitu Galaxy Note 9 baru saja dirilis. Smartphone flagship ini memiliki spesifikasi yang bikin ngiler bersamaan dengan sejumlah fitur baru yang dijamin membuat siapapun ingin memilikinya. Hal ini Jadikan Galaxy Note 9 Luar Biasa?

Galaxy Note 9

1. Kapasitas baterai saingi Mate 10 Pro

ejak insiden meledaknya Galaxy Note 7, Samsung lebih berhati-hati dalam memberikan kapasitas baterai kedalam smartphone terbaru buatan mereka, seperti Galaxy Note 8 dan Galaxy S9. Namun, sikap hati-hati dari Samsung itu telah ditinggalkan pada Galaxy Note 9. Samsung memutuskan untuk meningkatkan kapasitas baterai dari Note 9, ke 4.000 mAh. Yang berarti, itu 17,5% lebih besar ketimbang Note 8 dan 12,5% lebih besar ketimbang S9.

Fakta ini sekaligus membuat kapasitas baterai dari Note 9 setara dengan seri Mate 10 dari Huawei. CEO dari Samsung yaitu DJ Koh mengklaim jika baterai yang digunakan pada Note 9, menjadi yang paling aman saat ini. Itu didasarkan kepada serangkaian uji ketahanan yang berhasil terlewati dengan baik.

2. AI dengan kecerdasan luar biasa pada kamera

Huawei menjadi yang pertama kali memperkenalkan fitur AI kedalam sebuah kamera smartphone. Fitur ini memanfaatkan kecerdasan dari mesin atau AI untuk melakukan penyesuaian pengaturan kamera agar hasil foto menjadi lebih bagus dan juga natural.

Nah, Samsung mulai mengadopsi fitur ini kedalam smartphone flagship terbaru dari mereka yaitu Galaxy Note 9. Samsung mengatakan bahwa fitur AI yang dimiliki Note 9, bisa mengenali lebih dari 20 hal atau benda, seperti fenomena alam, hewan dan juga makanan.

Selain AI, Samsung juga menyematkan fitur menarik lainnya pada kamera Note 9, yaitu Flaw Detection. Fitur baru ini memungkinkan Note 9 untuk memberi tahu pengguna jika pada hasil foto terdapat cahaya yang berlebihan, subjek yang berkedip atau kotoran pada lensa yang tidak diinginkan. Setelahnya, Note 9 akan memberi saran atau rekomendasi untuk mengambil foto ulang.

3. S Pen kini bisa dijadikan remote smartphone

S Pen menjadi bagian sekaligus fitur yang tidak terpisahkan dari seri Galaxy Note. Perangkat tambahan berbentuk pena ini, sangat dibutuhkan sebagai pendukung bagi setiap aktivitas penting yang dilakukan pada seri Galaxy Note, seperti menulis catatan atau menandai sesuatu.

Nah, pada Galaxy Note 9, Samsung memperkenalkan fitur baru pada S Pen, yang menjadikan perangkat pena ini mampu digunakan sebagai remote bagi Note 9 itu sendiri. S Pen dari Note 9 memiliki konektivitas Bluetooth dan sebuah tombol tambahan yang bisa digunakan untuk mempermudah aktivitas pada Note 9, seperti menggulirkan slide presentasi, mengambil foto, memutar video di YouTube hingga mengganti lagu ke playlist selanjutnya di Spotify.

Baca Juga: 6 Fitur Baru Chrome Versi 69 yang Wajib Kalian Tau

Kapasitor baterai dari S Pen milik Note 9 juga dibuat sebaik mungkin, sehingga memungkinkan untuk dapat diisi dayanya ke 100% hanya dalam waktu kurang dari satu menit.

4. Memiliki kapasitas penyimpanan super besar hingga 512GB

Sebagai langkah yang sangat baik, Samsung memutuskan untuk tidak menggunakan kapasitas penyimpanan sebesar 64GB ke Galaxy Note 9. Mereka menggantinya dengan penyimpanan berkapasitas 128GB yang bisa diperluas dengan kartu MicroSD. Ini bisa dibilang merupakan keputusan yang tepat bagi Samsung, mengingat beberapa smartphone flagship dari pesaing sudah mulai menyematkan kapasitas penyimpanan sebesar itu.

Tapi tak sampai di situ saja, sebab Note 9 memiliki beberapa tipe yang bisa dipilih oleh calon pembeli. Salah satunya adalah tipe yang menyediakan RAM sebesar 8GB dan kapasitas penyimpanan sebesar 512GB, yang dapat diperluas dengan memori internal mencapai 512GB. Jadi, secara harfiah, Samsung Galaxy Note 9 bisa memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 1TB.

5. Samsung memperbaiki keluhan dari pengguna Note sebelumnya

Salah satu keluhan yang paling sering didengungkan oleh pengguna Samsung dalam beberapa tahun terakhir adalah letak dari fingerprint Galaxy S8 dan Note 8 yang dinilai sangat buruk. Fingerprint pada kedua smartphone itu terletak bersebelahan dengan kamera, yang jika dilihat secara langsung, memang bukan posisi yang strategis dan baik.

Untungnya, Samsung mendengarkan keluhan dari pengguna dan mengganti posisi fingerprint pada Galaxy Note 9, yang kini diletakkan di bawah kamera. Selain itu, Samsung juga tetap mempertahankan audio jack yang kini sudah mulai ditinggalkan oleh beberapa smartphone flagship dari pesaing.

Fitur-fitur luar biasa seperti tahan air, NFC, Bluetooth 5 dan juga wireless charging juga tetap diadakan pada smartphone yang satu ini. Fakta ini secara tidak langsung membuat Note 9 menjadi salah satu smartphone terbaik di tahun 2018, yang wajib untuk dibeli.